BERITA UTAMA

KIM GEMA GLADAK PERAK adalah kelompok yang bertujuan memberikan informasi yang jelas, akurat dan memberikan pencerahan kepada semua lapisan masyarakat yang dapat menjembatani kesenjangan informasi dari satu kelompok dengan kelompok yang lain

Sabtu, 12 Oktober 2013

Lomba Video Kreatif Rakyat dari 5 Kementerian

 UNTUK memberi ruang kratif dan meningkatkan nasionalisme, pemerintah mengadakan  Lomba Video Kreatif Rakyat, dengan tema “Semangat 17/8 Untuk Merah Putih: Harmoni Dalam Kemajemukan”. Lomba video ini terbuka untuk masyarakat umum (profesional dan amatir) perorangan maupun kelompok.
Lomba ini merupakan Program Istana untuk Rakyat (Istura) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kegiatan yang mengambil momentum perayaan HUT ke-68 Kemerdekaan RI dan Hari Sumpah Pemuda 2013 ini disponsori oleh PT. Telkom Tbk.
Tujuannya, mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya kaum muda untuk menyalurkan bakat dalam membuat  video kreatif  dengan memberdayakan kembali nasionalisme mereka.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, penyelenggaraan Lomba Video Kreatif Rakyat dilatari  banyak talenta muda yang mampu menghasilkan karya kreatif dalam bentuk video. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara pengguna Facebook keempat terbesar dan kelima terbesar untuk pengguna Twitter.
“Selain untuk menyalurkan karya, lomba ini penting  agar mereka dapat berinteraksi dan berkolaborasi hingga memiliki nilai tambah dan lebih mudah dikenal,” kata Mari di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (10/10/2013).
Peserta lomba dibagi dalam dua kelompok yakni amatir dan profesional dan masing-masing bisa mewakili perorangan, kelompok atau pun  instansi. Untuk peserta amatir  menggunakan kamera telepon seluler atau handycam dengan proses penyuntingan sederhana. Sedangkan peserta profesional menggunakan kamera video profesional serta memakai proses editing optimal.
Sementara untuk  syarat video yang dilombakan adalah isinya harus sesuai dengan tema dan subtema yang ditentukan yaitu: Kemajemukan Budaya Lokal Dalam Mengisi Kemerdekaan; Pesona Alam Nusantara Sebagai Kekayaan Bangsa;  dan Semangat Gotong Royong Sebagai Ciri Khas Rakyat Indonesia.
Persyaratan lainnya adalah durasi video maksimal 5 menit dan tidak mengandung unsur kekerasan, SARA, dan pornografi. Video juga harus mengedepankan potensi corak daerah asal, waktu pengambilannya 6 bulan terakhir,  serta tidak melanggar Undang-Undang Perfilman dan Undang-Undang Informasi Elektronik Transaksi Elektronik.
Waktu pendafaran 6 Agustus  – 20 Oktober 2013 dan video tersebut  harus diunggah di Youtube dan link-nya dikirimkan ke situs www. videokreatifrakyat.com.
Tim juri yang terdiri dari perwakilan dari Istura, Kemenparekraf, para sineas muda, dan komunitas sinema akan menerapkan kriteria penilaian dengan menimbang beberapa hal seperti  jumlah viewer video di youtube, orisinalitas serta kreativitas dan tema.
Sementara untuk pemenang dari kelompok profesional akan mendapatkan hadiah uang Rp 50 juta dan Rp 5 juta untuk lima orang finalis. Sedangkan pemenang kelompok amatir juara akan mendapat Rp 15 juta dan Rp 5 juta untuk lima orang finalis.
Para nominator finalis akan diundang untuk menghadiri acara puncak penyerahan hadiah di Jakarta. Pengumuman nominator akan diumumkan melalui laman internet www.videokreatifrakyat.com pada 28 Oktober 2013. Pengumuman pemenang paling lambat  31 Oktober 2013.

0 komentar: